Gempa Hebat Guncang California

Wednesday, July 30, 2008

Sebuah gempa hebat berkekuatan 5,4 skala Richter mengguncang kota metropolis, California. Gempa yang berpusat di selatan California ini menjadi gempa awal setelah selama satu dekade kota itu tidak pernah disapa getaran gempa.

Seperti dikutip dari Associated Press, Rabu (30/7/2008), gempa itu membuat sejumlah jendela dan gantungan bergoyang keras. Tak hanya itu, gempa juga menyebabkan banyak gedung di selatan California goyang selama beberapa saat.

Dilaporkan juga, ketika gempa itu terjadi sejumlah warga California berhamburan ke jalan karena panik. Namun, sampai saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa. Hanya sejumlah bangunan banyak yang rusak cukup parah.

Gempa 5,4 skala Richter ini juga dirasakan dari Los Angeles hingga San Diego. Bahkan, terasa juga di Las Vegas yang berjarak sekira 370 kilometer.

Berdasarkan data dari BMG setempat pusat gempa berada di 47 kilometer tenggara Los Angeles dekat Bukit Chino. Akibat gempa itu sejumlah gedung pencakar langit di Los Angeles yang juga merupakan bagian dari California ini bergoyang selama beberapa detik.

"Saya masih merasa terguncang. Lutut saya terasa gemetar. Saya merasakan gedung ini seperti mau runtuh," kata Rosana Martinez seorang pekerja di Bank Nasional California.

Berdasarkan data sejarah, gempa California ini masih lebih rendah kekuatannya dibandingkan dengan gempa yang terjadi pada 17 Januari 1994. Ketika itu gempa berkekuatan 6,7 SR mengguncang selatan California dan menghancurkan sejumlah jembatan dan gedung.

Sumber: www.okezone.com

0 comments: